Ketua DPRD Langkat Baca Ikrar di Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Ketua DPRD Langkat Baca Ikrar di Upacara Hari Kesaktian Pancasila

topmetro.news – Sebagai wujud memperkokoh nilai-nilai kesakralan Pancasila di era globalisasi, Pemkab Langkat secara rutin menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober di Alun Alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Minggu (1/10/2023).

Pada pelaksanaan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2023 kali ini Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmad Husein Simatupang SIK SH MH ditunjuk sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Letda Inf Bambang Hariono dan Perwira Upacara Kapten Arh Iroma Harahap yang masing-masing dari Kodim 0203 Langkat.

Hadir dalam kegiatan di Tribun Upacara tampak Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin SE, Sekdakab Langkat H. Amril SSos MAP, Kepala BNN AKBP S. Bangko SH MBA, Danyon Marinir 8 Pangkalan Berandan Letkol Mar Agus Wahyudi, para Kepala OPD, jajaran pejabat TNI/Polri, KNPI. Sementara di barisan Lapangan Upacara diikuti para PNS, pasukan TNI/Polri, pelajar serta beberapa Ormas Kepemudaan.

Ketua DPRD Langkat Baca Ikrar di Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Sementara itu, Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin pada pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila kali ini membacakan Ikrar.

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara,” ujarnya.

Sribana memaparkan, bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Sribana mengakhiri Pembacaan Ikrar.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment